Kamis, 15 Juni 2017

KEGIATAN KHAS DI BULAN RAMADHAN


TDA(KotaBima), Bulan Ramadan, Marhaban ya Ramadhan . Mungkin bulan ini menjadi salah satu bulan yang kamu tunggu-tunggu dalam satu tahun karena suasana pada bulan tersebut yang berbeda dari bulan-bulan biasanya.
Perbedaan suasana bisa dilihat saat mulai bangun pagi yang lebih pagi dari biasanya. Sebelum Adzan Subuh kamu sudah mulai beraktivitas untuk bersahur. Begitu pula ketika jam pulang kerja, kamu pasti ingin buru-buru pulang ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga sambil menikmati buka puasa.
Sebenarnya banyak kegiatan di bulan Ramadan yang khas dan jarang kamu temui. Yang pasti kegiatan atau aktivitas tersebut sangat ngangenin. Penasaran "Au..Ncau" ya? Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan di bulan Ramadan yang dimaksud:

Ngena Mbia Ai

Kata Ngena kai bungka berasal dari bahasa Bima yang berarti menunggu senja. Namun istilah ini lebih dikenal dengan saat-saat menunggu waktu berbuka puasa. Waktu menunggu hingga Adzan Maghrib ini biasanya dimanfaatkan dengan jalan-jalan, olahraga, mengaji bersama di masjid, nongkrong di taman kota atau sekedar berkumpul bersama keluarga. Sesederhana apapun kegiatan Ngena Mbia Ai pastinya akan seru karena diakhiri dengan Buka Puasa.
Bungka Sama
Saat bulan Ramadhan, "buka puasa bersama" pasti sudah menjadi agenda wajib. Kadang moment buka puasa ini pun dimanfaatkan sebagai moment untuk reuni atau kumpul bareng keluarga, sahabat atau teman-teman yang sudah lama tidak bertemu. Buka puasa bersama memang seru sampai lupa waktu, Shalat Maghribnya jangan sampai kelupaan ya.
Pembagian Ta'jil (Bungka Kai)
Arti sebenarnya dari ta’jil alias takjil adalah kegiatan penyegaran untuk membatalkan puasa dengan memakan atau minum sesuatu. Namun ini mengalami pergeseran makna menjadi makanan pembuka berbuka puasa. Kegiatan berbagi ta’jil gratis di bulan Ramadan biasanya dilakukan oleh komunitas, organisasi atau badan tertentu kepada orang-orang yang berada di jalan mendengar waktu Buka Puasa. Kamu pernah mendapat ta’jil gratis?
Beribadah Bersama 
Ibadah dan amal baik yang dilakukan pada bulan Ramadan akan berlipat ganda. Bulan Ramadan ini menjadi ladang pahala bagi kita, jadi wajar jika dimanfaatkan oleh sebagian besar kaum Muslimin untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jadi jangan heran jika pada bulan Ramadan ini suasana masjid akan lebih ramai dari biasanya, orang-orang akan Shalat dan melakukan ibadah lainnya secara bersama-sama.
        Selain Kegiatan2 tersebut diatas oleh sebagian kita, komunitas, organisasi bahkan pemerintah juga memiliki kegiatan lain, seperti yang dilakukan Komunitas TDA Bima pada Ramadhan kali ini adalah Buka Puasa Bersama Anak Yatim dan Kaum Dhuafa dengan tema "Bahagia bersama 200 Anak Yatim & KAum Dhuafa dalam bingkai Ramadhan". Dengan rangkaian acara :
  • Ashar berjamaah (Masjid Al Muwahidin Bima)
  • Maghrib berjamaah (Masjid Al Muwahidin Bima
  • Tausyiah & Kreatifitas Anak Yatim/Hafidz Qur'an
  • Buka Puasa sama200 anak yatim & kaum Dhuafa
  • Pembagian Donasi

          Bagi yang ingin mendonasikan sebagian rejekinya, TDA BIMA juga membuka peluang  bagi para muhsinin yang ingin turut serta berpartisipasi dalam kegiatan di atas. Donasi dapat disalurkan melalui:
#1. Transfer

Ke Rekening BRI Cabang Bima
a.n TDA BIMA
No. Rekening : 0079-01-010507-53-2

Dengan berita Transfer : "Ramadhan Berbagi"

atau

#2. Tunai

Ke Kantin Yuank 


Kemudian, diharapkan untuk konfirmasi via (Telp / SMS / WA) ke : 
  • 085237499006 (Ompu)
  • 085238704166 (Ningsih)

Semoga Allah subhanahu wa ta’ala menerima dan melipat gandakan amal kebaikan kita di bulan penuh berkah ini. Amin.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar